Pukul 12.40 suasana bengkel sedang sepi sehingga si kuning segera di pegang mekanik.
Baru periksa area roda langsung di temukan bahwa bearing roda depan sudah oblak. Harus di ganti deh karena jika dipakai jalan dengan kecepatan diatas 40 km/jam, motor rasanya limbung terus serasa mau jatuh walaupun aspal jalanan mulus. Berbahaya banget apalagi jika dipakai berboncengan. Harus ekstra hati-hati sehingga badan cepat lelah nih.
Lanjut bongkar saringan udara, ternyata juga filter udara sudah kotor banget dan lubang-lubang filter sudah besar sehingga harus diganti baru. Berbahaya nih karena debu-debu bisa masuk ke ruang bakar dan menyisakan kerak. Moga-moga dinding silinder tidak tergores. Kelemahan filter udara model kertas memang mudah rusak namun dipercaya daya filternya lebih baik daripada saringan busa.
Oli mesin menggunakan AHM oil SPX2 yang full sintehetic. Sedikit lebih mahal dari oli mesin yang biasanya MPX2.
Bohlam lampu belakang juga diganti karena sudah padam.
Berikut list biaya perbaikan hari ini :
Jasa service : rp. 50.000
Oli mesin AHM oil SPX2 : rp. 50.000
Filter udara : rp. 65.000
Bearing roda depan : rp. 55.000
Oli gardan roda belakang : 17.000
Bohlam lampu belakang : rp. 15.000
Total : rp. 252.000
Total waktu pengerjaan sekitar 2 jam. Lumayanlah tidak begitu lama menunggunya.
Silahkan dicermati dan semoga berguna.
No comments:
Post a Comment