Saturday, April 18, 2020

Sepeda Motor Sport 250 cc seharga sepeda motor sport 150 cc ? Benar-Benar tidak masuk akal !!!

Kawasaki Ninja 250 SL

Halo mas Bro. Lama tidak jumpa. kali ini saya mau membahas perihal fenomena yang kurang masuk akal namun nyata adanya. Kawasaki menjual sepeda motor sportnya dengan kubikasi 250 cc namun seharga 150 cc. Benar-benar menggoda. namun hal yang tidak saya pahami adalah strategi pricing yang murah seperti ini juga ternyata kurang membuahkan hasil yang baik. Hingga saat artikel ini saya terbitkan, populasi Kawasaki Ninja 250 SL masih sangat sedikit dibandingkan Honda CBR 150 R apalagi dibandingkan dengan Yamaha R15 yang begitu banyak bersliweran dijalan. Oke kita review satu per satu ya.
Kawasaki Ninja 250 SL

Yamaha R15

Honda CBR 150 R

Kawasaki Ninja 250 SL ditawarkan Rp. 36.9 juta (OTR jakarta) .
Yamaha R15 ditawarkan seharga Rp. 36.1 JUTA (OTR Jakarta)
Honda CBR 150 R ditawarkan seharga 35.3-36.0 juta tipe STD (OTR jakarta)

DESIGN
Kalau membahas design, selera masing-masing akan berbeda. Namun saya sendiri sangat mengagumi design yamaha R15 secara keseluruhan. fairing depan, tangki, jok dan ekornya berpadu sangat serasi dan menyiratkan tampilan sport sejati . Saya seperti melihat sepeda motor MotoGP Yamaha M1 dalam diri Yamaha R15. sedangkan tampilan kawasaki ninja 250 SL dan Honda CBR 150 R masih lumayan namun tidak istimewa.


MESIN & TRANSMISI
Kawasaki dengan mesin 250 CC, DOHC, 4 valve, yang mampu menghasilkan tenaga 28 PS / 9,700 rpm. tenaga ini bukanlah lawan dari CBR yang hanya menghasilkan 17 HP dan R15 yang menghasilkan R15 dikisaran 19 HP. Ninja 250 SL ini dijamin kencang. Walaupun Yamaha sudah mengaplikasikan teknology VVA, tapi kubikasi tidak akan bohong. 
sedangkan transmisi yang istimewa hanya ada pada yamaha R15 dengan adanya slipper and assist clutch. dijamin tidak ada gejala engine brake yang mengagetkan pada saat turun gigi. 

CHASIS 
untuk Chasis, Yamaha cukup menonjol dan firm karena menggunakan rangka deltabox. Sangat Rigid dan mampu meredam vibrasi engine dengan baik. 
Namun Rangka Kawasaki ninja 250 SL juga istimewa. bagian rangka yang menggendong mesin menggunakan double teralis mirip ducati sport. hal ini menjadikannya Rigid dan flexible . 
Rangka CR 150 R tidak perlu dibahas ya karena sangat konvensional. 

SUSPENSI DAN RODA 
Membahas suspensi, Yamaha R15 nampak sangat istimewa berkat hadirnya suspensi upside down berukuran cukup besar di area depan. 
Swing arm aluminium alloy yang super besar juga nampak istimewa hal ini menjadikan roda belakang sangat stabil bemanuver. 
Suspensi dan swing arm ninja 250 SL dan CBR 150 R masih konvensional . Tidak pelu kita dibahas ya. 
sedangkan untuk rodanya, walaupun menggendong nesin 150 CC, yamaha R15 menggunakann ban yang ukurannya setara dengan motor 250 cc  yaitu 100/80 untuk ban depan dan 140/70 untuk roda belakang . sedangkan ninja 250 SLdan CBR 150 R megaplikasikan ban 100/80 di depan dan 130/70 di belakang.

KESIMPULAN
Kawasaki memberikan harga yang sangat menarik untuk motor 250 cc. ini bisa memberikan pride tersendiri karena sepeda motor ini sudah masuk kelas 250 cc bukan entry level dikisaran 150 cc. Motor ini sangat value for money.
Tapi jika menginginkan desain tampilan yang agresif, sasis yang mumpuni maka pilihan jatuh pada yamaha R15. dan nampaknya motor ini memang benar-benar bisa mengakomodasi keinginan konsumen sport di Indonesia terbukti motor ini paling banyak bersliweran di jalanan ibukota .

demikian review singkat dari saya. mohon maaf apabila ada salah ketik . apa yang dibahas merupakan opini pribadi dan  mungkin akan berbeda dengan opini pembaca.

Salam satu aspal.

No comments:

Post a Comment