Sunday, June 14, 2015

MT25 VS Z250. PART 2 : CHASIS

PERBANDINGAN YAMAHA MT 25 VS KAWASAKI 250, PART 2 : CHASIS


Sahabat Jumrahadiantono yang Luar biasa…. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai engine dengan hasil dimenangkan oleh Yamaha MT25. Kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai mengenai Chasis. Akankah Yamaha MT25 kembali unggul dibanding Kawasaki Z250 ? 

RANGKA

Yamaha MT25
Kawasaki Z250
  
Kedua motor ini menggunakan rangka Tubular Delta, ini merupakan jenis rangka yang umumnya digunakan oleh motor-motor 250-400 cc, terdiri atas rangkaiana beberapa pipa tubular yang dilas dengan konstruksi delta (mirip delta box namun ini tubular). Kelebihan rangka tubular ini adalah konstruksi yang cukup flexible sehingga sangat cocok digunakan untuk meliuk-liuk di perkotaan.

DIMENSI DAN BERAT

Yamaha MT25
P x L x T   : 2.090 mm x 745 mm x 1.035 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.380 mm
Jarakl terendah ke tanah : 160 mm
Berat isi : 165 kg
kapasitas tangki BBM : 14 liter

Kawasaki Z250
P x L x T   : 2.010 mm x 750 mm x 1.025 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.400 mm
Jarakl terendah ke tanah : 145 mm
Berat isi : 168 kg
kapasitas tangki BBM : 17 liter

Jarak sumbu roda MT25 lebih pendek 20 mm (2 cm) dari Z250 sehingga akan lebih lincah meliuk-liuk di kepadatan jalan raya hal ini juga ditunjang berat yang lebih ringan 3 kg sehingga tidak terlalu menyulitkan saat  bermanuver. Sedangkan jarak terendah ketanah lebih tinggi 15 mm (1.5 cm) sehinga akan lebih percaya diri bermain offroad karena tidak khawatir nyangkut di tanah. 
Namun Kawasaki menang di kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar 3 kg  (20%).

KAKI-KAKI DEPAN 

Yamaha MT25
Suspensi depan : telescopic
Ban depan : 110/70-17M/C
Rem depan : single disc

Kawasaki Z250
Suspensi depan : telescopic fork 37mm
Ban depan : 110/70-17M/C
Rem depan : single disc 290 mm with dual piston caliper

Secara umum, kaki-kaki bagian depan kedua motor masih serupa berupa suspensi telekopik dengan lebar ban depan 110 mm dan penghenti laju berupa rem cakram single disk.

KAKI-KAKI BELAKANG 

Yamaha MT25
Kawaaaki Z250

Yamaha MT25
Suspensi belakang : Swing Arm 
Ban Belakang : 140/70-17 M/C
Rem Belakang : Single Disc Brake 

Kawasaki Z-250
Suspensi belakang : Bottom-Link Unitrack
Ban Belakang : 140/70-17 M/C
Rem Belakang : Single Disc Brake 220 mm

Secara umum, kaki-kaki kedua motor juga memiliki kesamaan yaitu berupa lengan ayun unitrack dengan suspensi monoshock dengan ban belakang dengan lebar 140 mm dan penghenti laju berupa rem ckaram single disk.
Namun konstruksi lengan ayun MT25 lebih advance karena modelnya sudah semi aluminium dengan bentuk yang semakin membesar kearah poros lengan ayun. Sedangkan Z250 hanya berbentuk lengan ayun kotak biasa.

RESULT

Secara keseluruhan, chasis kedua motor memiliki kesamaan namun yamaha MT25 menang tipis dengan model lengan ayun semi aluminium. 

Next-nya akan kita sambung dengan model dan fitur

Silahkan berrkomentar bagi yang memiliki penialian lain… Silahkan berkomentar bagi pemilik Kawasaki Z250 yang tidak puas dengan penilaian ini ???



No comments:

Post a Comment