Saturday, June 27, 2015

BYSON VS MEGAPRO VS APACHE

YAMAHA BYSON FI VS HONDA MEGAPRO FI VS TVS APACHE 160. PART 1 ENGINE


PART 1 : ENGINE

Sahabat Jumrahadiantono yang Luar biasa…. Pada hari Kamis tanggal 18 Juni 2015 bertempat di Ancol, PT. Yamaha Indonesia Motor manufacturing (YIMM) merilis varian terbaru dari yamaha Byson dengan nama “All New Byson FI”.

Motor yang didesain dan lahir di Negara India ini mencoba untuk kembali meramaikan pasar sepeda motor di Indonesia. Dengan desain baru yang lebih gagah dan upgrade system pengabutan bahan bakar menjadi injeksi , Yamaha Byson kembali menantang eksistensi Honda Megapro FI dan TVS Apache  160 untuk menjadi penguasa motor cruiser 150cc.

Akankah kehadiran Yamaha Byson FI ini dapat menuai kesuksesan seperti Byson generasi pertama ? Mari kita bahas satu-persatu mulai dari Mesin, Chasis, Model dan value.

PERSAMAAN ENGINE

Ketiga motor ini memiliki persamaan
Type mesin               : 1 silinder tegak, 4 langkah, SOHC, pendingin udara,

Sekarang kita lihat perbedaannya :

YAMAHA BYSON FI        
Diameter x Langkah       : 57,3 X 57,9  mm
Perbandingan kompresi : 9,5 : 1
Daya maksimum            : 9,61 kW (13 hp) @ 8.000 rpm
Torsi maksimum             : 12,98 Nm @ 6.000 rpm
System pengabutan       : Fuel Injection Injection
Berat kendaraan             : 133 kg (kosong)
Power to weight ratio      : 97.7 hp / 1000 kg

HONDA MEGAPRO FI
Diameter x Langkah       : 57,3 x 57,84 mm
Perbandingan kompresi : 9,5 : 1
Daya maksimum             :
9,8 kW (13,3 hp) / 8.500 rpm
Torsi maksimum             :
12,3 Nm (1,25 kgf.m) / 6.500 rpm
System pengabutan       : Fuel Injection
Berat kendaraan             : 135 kg
Power to weight ratio      : 98.5 hp / 1000 kg

TVS APACHE 160           :
Diameter x Langkah       : 62 mm x 52.9 mm
Perbandingan kompresi : 9.5 : 1
Daya maksimum            :11.19 kw (15.2 hp) @ 8500 rpm
Torsi maksimum            : 13.1 Nm @ 4000 rpm
System pengabutan       : karburator
Berat kendaraan            : 137 kg
Power to weight ratio     : 110.9 hp/ 1000 kg

REVEIW

Sebagai sepeda motor dengan model Cruiser yang akan dikendarai melintasi aspal mulus, tikungan, sedikit jalan tanah maka type balance bore vs stroke yang lebih disukai karena akan dapat menyesuaikan dengan beragam kondisi jalan. Karakter engine Byson dan Megapro sudah cocok dengan model cruiser ini.

Sedangkan karakter engine Apache yang overbore cenderung mengarah kepada sepeda motor racing dengan power besar pada rpm tinggi. Namun yang istimewa adalah engine ini sudah dapat menggapai torsi maksimum pada rpm rendah. Benar-benar karakter engine yang istimewa namun disayangkan system pengabutan bahan bakar masih karburator sehingga dipastikan boros bahan bakar.

RESULT

Jika saja TVS Apache menggunakan system pengabutan fuel injection maka enginenya akan menang telak terhadap kedua kompetitornya.
Result engine kali ini bisa dikatakan berimbang.

Next-nya akan kita sambung dengan review chasis…

Silahkan berrkomentar bagi yang memiliki penialian lain…



No comments:

Post a Comment