Friday, July 3, 2015

BYSON VS MEGAPRO VS APACHE. PART 2 : CHASIS

YAMAHA BYSON FI VS HONDA MEGAPRO FI VS TVS APACHE 160

PART 2 : CHASIS

YAMAHA BYSON FI
HONDA MEGAPRO FI



TVS APACHE RTR 160













Sahabat Jumrahadiantono yang Luar biasa…. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai engine dengan hasil berimbang. Kali ini kita akan membahas mengenai Chasis. Apakah hasilnya akan sama atau berbeda ? Mari kita review sama-sama.....

RANGKA

Karena menyandang genre yang sama yaitu motor cruiser maka ketiga motor ini ini menggunakan konstruksi rangka yang sama yaitu diamond tubular. Kelebihan rangka ini adalah konstruksi yang cukup flexible sehingga sangat cocok digunakan untuk meliuk-liuk di jalanan aspal perkotaan maupun sedikit jalan tanah offroad

DIMENSI DAN BERAT

YAMAHA BYSON
P x L x T                         : 1990 mm x 780 mm x 1045 mm
Jarak Sumbu roda          : 1340 mm
Jarak terendah ketanah : 170 mm
Tinggi tempat duduk      : 790 mm
Berat isi                          : 133 kg
Kapasitas tangki bensin : 12 Liter

HONDA MEGAPRO
P x L x T                         : 2052 mm x 742 mm x 1079 mm
Jarak Sumbu roda          : 1316 mm
Jarak terendah ketanah : 156 mm
Tinggi tempat duduk      :    --- mm
Berat isi                          : 135 kg
Kapasitas tangki bensin : 12.3 Liter

TVS APACHE
P x L x T                         : 2085 mm x 730 mm x 1105 mm
Jarak Sumbu roda          : 1300 mm
Jarak terendah ketanah : 165 mm
Tinggi tempat duduk      :    --- mm
Berat isi                          : 137 kg
Kapasitas tangki bensin : --- Liter
  
Jika membandingkan dimensi ketiga motor ini maka kita akan mendapatkan bahwa dimensi Yamah Byson yang paling kecil. Cukup mengejutkan karena tampang Bysonlah yang paling gagah dan gahar. Dua jempol untuk desain Yamaha Byson ini. Dengan dimensi yang lebih kecil maka akan mudah untuk meliuk-liuk di kemacetan Ibukota. Apalagi ditunjang bobot yang paling ringan.

KAKI-KAKI DEPAN

YAMAHA BYSON
Suspensi depan      : telescopic
Ban depan               : 100/80-17 MC (52P) tubeless
Rem                         : Cakram hydraulic

HONDA MEGAPRO
Suspensi depan      : telescopic
Ban depan               : 80/100-17 MC (46P) tubetype
Rem                        : Cakram hydraulic

TVS APACHE
Suspensi depan      : telescopic
Ban depan              : 90/90-17 MC (46P) Tubeless
Rem                        : Cakram hydraulic

Pada area kaki depan dapat dipastikan di dominasi oleh Yamaha Byson. Suspensi depan yang kekar dan terbesar dikelasnya. Ban paling lebar dengan type tubeless mebuat kecut pemilik Honda Megapro.

KAKI-KAKI BELAKANG

YAMAHA BYSON
Suspensi belakang   : Monoshock
Ban depan                : 130/70-17 MC (62P) tubeless
Rem                          : Teromol (drum brake)

HONDA MEGAPRO
Suspensi belakang   : Monoshock
Ban belakang           : 100/90-17 MC (52P) tubetype
Rem                          : Cakram hydraulic

TVS APACHE
Suspensi depan      : telescopic
Ban depan                : 110/80-17 MC (46P) Tubeless
Rem                          : Teromol (drum brake)

Untuk ukuran roda, Yamaha menang telak dengan ban super lebar 130 mm. namun rem tromolnya terlihat kurang modern.
Honda Megapro memiliki ban paling kurus dengan ban dalam namun tertolong dengan rem cakram yang membuatnya terlihat lebih modern.

RESULT

Didalam review kali ini, Yamaha menang telak karena memiliki ukuran ban depan dan belakang yang sangat lebar sehingga membuatnya terlihat sangat gagah terlebih ditunjang oleh suspensi depan yang juga kekar. Sayangnya rem tromol pada roda belakang membuatnya nampak ketinggalan jaman. Semoga dalam waktu dekat Yamaha dapat menyempurnakn rem belakang dengan type cakram.
Congratulation untuk Yamaha ...... new Byson FI pancen Josss

Next-nya akan kita sambung dengan review chasis…

Silahkan berrkomentar bagi yang memiliki penilaian lain… Silahkan berkomentar bagi pemilik Megapro dan Apache yang tidak puas dengan penilaian ini ???



No comments:

Post a Comment