YAMAHA BYSON FI VS HONDA MEGAPRO FI VS TVS
APACHE 160
PART 2 : CHASIS
YAMAHA BYSON FI |
HONDA MEGAPRO FI |
TVS APACHE RTR 160 |
Sahabat Jumrahadiantono yang Luar biasa….
Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai engine dengan hasil berimbang. Kali ini kita akan
membahas mengenai Chasis. Apakah hasilnya akan sama atau berbeda ? Mari kita review sama-sama.....
RANGKA
Karena menyandang genre yang sama yaitu motor
cruiser maka ketiga motor ini ini menggunakan konstruksi rangka yang sama yaitu diamond
tubular. Kelebihan rangka ini adalah konstruksi yang cukup flexible sehingga sangat
cocok digunakan untuk meliuk-liuk di jalanan aspal perkotaan maupun sedikit
jalan tanah offroad
DIMENSI DAN BERAT
YAMAHA BYSON
P x L x T : 1990 mm x 780 mm x
1045 mm
Jarak Sumbu roda : 1340 mm
Jarak terendah ketanah : 170 mm
Tinggi tempat duduk : 790 mm
Berat isi : 133 kg
Kapasitas tangki bensin : 12 Liter
HONDA MEGAPRO
P x L x T : 2052 mm x 742 mm x
1079 mm
Jarak Sumbu roda : 1316 mm
Jarak terendah ketanah : 156 mm
Tinggi tempat duduk : --- mm
Berat isi : 135 kg
Kapasitas tangki bensin : 12.3 Liter
TVS APACHE
P x L x T : 2085 mm x 730 mm x 1105
mm
Jarak Sumbu roda : 1300 mm
Jarak terendah ketanah : 165 mm
Tinggi tempat duduk : --- mm
Berat isi : 137 kg
Kapasitas tangki bensin : --- Liter
Jika membandingkan dimensi ketiga motor ini
maka kita akan mendapatkan bahwa dimensi Yamah Byson yang paling kecil. Cukup
mengejutkan karena tampang Bysonlah yang paling gagah dan gahar. Dua jempol
untuk desain Yamaha Byson ini. Dengan dimensi yang lebih kecil maka akan mudah untuk
meliuk-liuk di kemacetan Ibukota. Apalagi ditunjang bobot yang paling ringan.
KAKI-KAKI DEPAN
YAMAHA BYSON
Suspensi depan : telescopic
Ban depan :
100/80-17 MC (52P) tubeless
Rem :
Cakram hydraulic
HONDA MEGAPRO
Suspensi depan : telescopic
Ban depan :
80/100-17 MC (46P) tubetype
Rem :
Cakram hydraulic
TVS APACHE
Suspensi depan : telescopic
Ban depan :
90/90-17 MC (46P) Tubeless
Rem :
Cakram hydraulic
Pada area kaki depan dapat dipastikan di dominasi oleh Yamaha Byson. Suspensi depan yang kekar dan terbesar dikelasnya. Ban
paling lebar dengan type tubeless mebuat kecut pemilik Honda Megapro.
KAKI-KAKI BELAKANG
YAMAHA BYSON
Suspensi belakang : Monoshock
Ban depan :
130/70-17 MC (62P) tubeless
Rem :
Teromol (drum brake)
HONDA MEGAPRO
Suspensi belakang : Monoshock
Ban belakang :
100/90-17 MC (52P) tubetype
Rem :
Cakram hydraulic
TVS APACHE
Suspensi depan : telescopic
Ban depan :
110/80-17 MC (46P) Tubeless
Rem :
Teromol (drum brake)
Untuk ukuran roda, Yamaha menang telak dengan
ban super lebar 130 mm. namun rem tromolnya terlihat kurang modern.
Honda Megapro memiliki ban paling kurus dengan
ban dalam namun tertolong dengan rem cakram yang membuatnya terlihat lebih
modern.
RESULT
Didalam
review kali ini, Yamaha menang telak karena memiliki ukuran ban depan dan
belakang yang sangat lebar sehingga membuatnya terlihat sangat gagah terlebih
ditunjang oleh suspensi depan yang juga kekar. Sayangnya rem tromol pada roda
belakang membuatnya nampak ketinggalan jaman. Semoga dalam waktu dekat Yamaha dapat
menyempurnakn rem belakang dengan type cakram.
Congratulation untuk Yamaha ...... new Byson FI pancen Josss
Next-nya
akan kita sambung dengan review chasis…
Silahkan
berrkomentar bagi yang memiliki penilaian lain… Silahkan berkomentar bagi
pemilik Megapro dan Apache yang tidak puas dengan penilaian ini ???
No comments:
Post a Comment