Yamaha MT25 |
Kawasaki Z250 |
PART 1 : ENGINE
Rekan-rekan yang luar biasa…. Hari Sabtu
kemarin tanggal 06 Juni 2015 merupakan hari yang sangat bersejarah bagi Yamaha
Indonesia dan dunia Otomotif roda dua karena inilah saat pertama kali
peluncuran Yamaha MT25 di Indonesia dan dunia.
Saya sendiri merasa sangat bangga atas produk
YIMM (Yamaha Indonesia Motor manufacturing) ini karena merupakan produk original Indonesia. Mengapa disebut sebagai
produk original Indonesia? karena MT25 di desain oleh para insinyur Indonesia,
melalui proses Reseach and Developmen (R&D) diIndonesia dan juga yang pasti diproduksi
di Indonesia. Produk ini juga memiliki standar global karena akan di ekspor ke
berbagai penjuru dunia.
Yamaha MT25 menganut desain sport naked,
karena motor ini lahir dari sebuah motor sport racing sejati yaitu Yamaha R25.
Namun kali ini R25 menanggalkan fairingnya dan menjelma menjadi motor sport
Naked.
Namun kehadiran model sepeda motor seperti ini bukanlah
yang pertama kali di Indonesia. Sebelumnya sudah ada Kawasaki Z250. Z250 juga
lahir dari motor sport racing sejati yaitu Kawasaki Ninja Z250RR.
Z250 sudah lebih meraih perhatian dan menuai sukses penjualan di Indonesia. Akankah kehadiran MT25 dapat menumbangkan kesuksesan Z250? Mari kita bahas satu-persatu mulai dari Mesin, Chasis, Model dan fitur.
ENGINE
Kedua motor ini memiliki konfigurasi mesin
yang sama yaitu :
Cilinder Quantity : 2
Cilinder capacity : ±250 cc
Konfigurasi : in-line (Paralel twin)
Posisi : Vertical
Pendinginan : Liquid Cooled (Radiator)
Jumlah Cam : DOHC
Jumlah Valve : 2 x 4 valve
Fuel System : Fuel Injection
Speed :
6
Sekarang kita lihat perbedaannya :
Yamaha MT25 :
Diameter x Langkah : 60,0 x
44,1 mm
Kompresi : 11,6
: 1
maksimum Power : 26,5 kW/12.000 rpm
Torsi maksimum : 22,6 Nm/10.000 rpm
maksimum Power : 26,5 kW/12.000 rpm
Torsi maksimum : 22,6 Nm/10.000 rpm
Kawasaki Z250
Diameter x Langkah : 62.0
x 41.2 mm
Kompresi : 11,3 : 1
Maksimum Power : 23,5 kw (32ps) @ 11,000 rpm
Torsi maksimum : 21.0
N.m {2.1 kgf.m} / 10,000 rpm
Sebagai
sepeda motor dengan model Sport Naked yang akan dikendarai melintasi aspal
mulus, tikungan, sedikit jalan tanah maka stroke yang lebih panjang tentu akan lebih
disukai karena cepat mengail torsi.
Disisi engine, Yamaha MT25 menang mutlak dengan Power dan Torsi yang lebih besar. Hal ini karena kompresi yang lebih besar yaitu 11,6 : 1. Satu hal lagi yang membuat engine MT25 lebih unggul adalah aplikasi Forged Piston dan silinder Diasil yang membuatnya minim friksi sehingga efisiensi semakin baik.
Resultnya
adalah ….. Engine MT25 merupakan engine yang istimewa dan Z250 harus mengakui
ini….
Next-nya
akan kita sambung dengan review chasis…
Silahkan
berkomentar bagi yang memiliki penilaian lain… terutama bagi
pemilik Z250 yang tidak puas dengan penilaian ini
Yamaha MT25??? Josssss.............
No comments:
Post a Comment