Monday, June 8, 2015

YAMAHA MT25 VS KAWASAKI Z250. PART 1 : ENGINE


Yamaha MT25

Kawasaki Z250




PART 1 : ENGINE

Rekan-rekan yang luar biasa…. Hari Sabtu kemarin tanggal 06 Juni 2015 merupakan hari yang sangat bersejarah bagi Yamaha Indonesia dan dunia Otomotif roda dua karena inilah saat pertama kali peluncuran Yamaha MT25 di Indonesia dan dunia.

Saya sendiri merasa sangat bangga atas produk YIMM (Yamaha Indonesia Motor manufacturing) ini karena merupakan produk original Indonesia. Mengapa disebut sebagai produk original Indonesia? karena MT25 di desain oleh para insinyur Indonesia, melalui proses Reseach and Developmen (R&D) diIndonesia dan juga yang pasti diproduksi di Indonesia. Produk ini juga memiliki standar global karena akan di ekspor ke berbagai penjuru dunia.

Yamaha MT25 menganut desain sport naked, karena motor ini lahir dari sebuah motor sport racing sejati yaitu Yamaha R25. Namun kali ini R25 menanggalkan fairingnya dan menjelma menjadi motor sport Naked.

Namun kehadiran model sepeda motor seperti ini bukanlah yang pertama kali di Indonesia. Sebelumnya sudah ada Kawasaki Z250. Z250 juga lahir dari motor sport racing sejati yaitu Kawasaki Ninja Z250RR. 
Z250 sudah lebih meraih perhatian dan menuai sukses penjualan di Indonesia. Akankah kehadiran MT25 dapat menumbangkan kesuksesan Z250? Mari kita bahas satu-persatu mulai dari Mesin, Chasis, Model dan fitur.

ENGINE

Kedua motor ini memiliki konfigurasi mesin yang sama yaitu :
Cilinder Quantity      : 2
Cilinder capacity      : ±250 cc
Konfigurasi              : in-line (Paralel twin)
Posisi                      : Vertical
Pendinginan            : Liquid Cooled (Radiator)
Jumlah Cam            : DOHC
Jumlah Valve           : 2 x 4 valve
Fuel System             : Fuel Injection
Speed                       : 6

Sekarang kita lihat perbedaannya :

Yamaha MT25  :
Diameter x Langkah : 60,0 x 44,1 mm
Kompresi                  : 11,6 : 1
maksimum Power    : 26,5 kW/12.000 rpm
Torsi maksimum      : 22,6 Nm/10.000 rpm

Kawasaki Z250
Diameter x Langkah : 62.0 x 41.2 mm
Kompresi                  : 11,3 : 1
Maksimum Power     : 23,5 kw (32ps) @ 11,000 rpm
Torsi maksimum       : 21.0 N.m {2.1 kgf.m} / 10,000 rpm

Sebagai sepeda motor dengan model Sport Naked yang akan dikendarai melintasi aspal mulus, tikungan, sedikit jalan tanah maka stroke yang lebih panjang tentu akan lebih disukai karena cepat mengail torsi.

Disisi engine, Yamaha MT25 menang mutlak dengan Power dan Torsi yang lebih besar. Hal ini karena kompresi yang lebih besar yaitu 11,6 : 1. Satu hal lagi yang membuat engine MT25 lebih unggul adalah aplikasi Forged Piston dan silinder Diasil yang membuatnya minim friksi sehingga efisiensi semakin baik.

Resultnya adalah ….. Engine MT25 merupakan engine yang istimewa dan Z250 harus mengakui ini….

Next-nya akan kita sambung dengan review chasis…

Silahkan berkomentar bagi yang memiliki penilaian lain… terutama bagi pemilik Z250 yang tidak puas dengan penilaian ini 

Yamaha MT25??? Josssss.............


No comments:

Post a Comment